Nov 4, 2015

Tips berhenti merokok dari pengalaman pribadi

Merokok merupakan kebiasaan yang kurang baik namun masih banyak yang melakukannya, begitu pula dengan saya waktu dahulu yang selalu menikmati asap rokok setiap hari, dan kegiatan ini berlangsung sampai bertahun-tahun dari waktu masih SMP hingga Selesai SMK, saya tetap masih menikmati asap rokok.

sudah enggak jaman lagi merokok
merokok sudah tidak jaman


Singkat cerita, Setelah sekian lama merokok ahirnya saya mempunyai keinginan untuk berhenti merokok hal ini didorong rasa malu saya terhadap ayah yang dapat berhenti merokok, walau sebenarnya ayah juga tidak melarang saya untuk terus merokok, berikut ini hal-hal yang saya terapkan agar dapat berhenti merokok.

Niat

Niat merupakan sebuah kunci menuju keberhasilan, dan itu juga berlaku bagi kalian yang mau berhenti merokok. Untuk itu peganglah niat yang kuat, jangan sampai goyah walaupun banyak gangguan/godaan yang akan kalian hadapi.

Kurangi berkumpul dengan teman

Saat menjalankan proses ingin berhenti merokok usahakan kalian untuk mengurangi aktifitas berkumpul-kumpul dengan teman yang masih merokok, sebab saat berkumpul seperti ini godaan akan sangat berat, dikarenakan kalian sudah terbiasa merokok bersama saat kumpul seperti ini, sehingga hasrat untuk merokok lagi akan otomatis muncul. Tidak cukup sampai disitu sebab biasanya teman akan merayu/membujuk agar kalian merokok lagi dengan berbagai cara.

Mengatur waktu

Mengatur waktu juga akan menjadi peran yang sangat penting agar kebiasaan merokok dapat di hentikan, usahakan tidak ada waktu luang atau menganggur sebab saat ada waktu luang rasa ingin merokok itu akan datang, jika memang ada waktu luang yang tidak bisa di hindari lebih baik digunakan untuk tidur atau olahraga.

Kurangi begadang

Saya sebagai mantan perokok tentunya pernah merasakan bagaimana nikmatnya merokok dimalam hari apalagi saat begadang seperti menonton bola, dimana tidak lengkap rasanya jika tidak ditemani asap rokok, untuk itu saya sarankan kalian untuk mengurangi kebiasaan begadang, dengan begitu akan mengurangi godaan untuk meroko lagi.

Mencari inspirasi

Untuk mendukung niat berhenti merokok kalian dapat mencari inspirasi orang-orang yang berada di sekitar kalian, seperti saya bisa berhenti merokok sebab mempunyai inspirasi terhadap ayah saya, dimana beliau dulunya seorang perokok yang sangat aktif yang memerlukan hingga dua bungkus setiap hari, namun sekali mencoba berhenti merokok beliau langsung berhasil.

Gunakan sugesti

Kalian dapat menggunakan sugesti sebagai cara yang sangat ampuh untuk berhenti merokok, contohnya ubahlah pikiran kalian bahwasanya merokok itu sangat membosankan.

Ucapakan omongan yang membuat malu

Ucapan membuat malu ini bertujuan agar kalian malu untuk mengulangi kegiaan merokok lagi, contohnya ucapkanlah kepada teman/sahabat kalian bahwasanya mulai detik dan hari ini saya tidak akan merokok lagi.

Carilah dukungan

Kalian juga dapat mencari dukungan terhadap teman, kerabat maupun saudara, ini akan memperkuat tekat kalian untuk benar-benar berhenti merokok.

Mengetahui bahaya merokok

Dengan mengetahui bahaya yang di kandung oleh rokok yang dapat berakibat fatal bagi kesehatan kalian maka akan memberikan efek takut sehingga memberikan dorongan lebih untuk bisa secepatnya berhenti merokok, untuk itu ketahuilah bahaya merokok dan efek yang akan di timbulkan

Berdoa

Kata pepatah bahwasanya semua usaha harus di iringi dengan doa, begitu pula usaha kalian untuk berhenti merokok harus di iringi dengan doa, sebab manusia hanya dapat berusaha sedangkan tuhan yang menentukan. Namun yakinlah bahwasanya usaha untuk memperbaiki diri akan di kabulkan oleh tuhan.

Related Posts

Tips berhenti merokok dari pengalaman pribadi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>